Latar Belakang

Bengkel kerja kesehatan lingkungan berbasis masyarakat (BKKLBM) berdiri pada tanggal 23 Februari 2008 di Dusun Badegan. Bermula dari keprihatinan seorang dosen kesehatan lingkungan akan kondisi kesehatan masyarakat di Dusun Badegan, adalah Bambang Suwerda, ST, M.Si seorang staff pengajar di Poltekes Kemenkes Yogyakarta yang menjadi penggagas berdirinya BKKLBM. Sebagai seorang dosen kesehatan lingkungan, Bambang Suwerda merasa memiliki kewajiban untuk mengajak masyarakat di sekitarnya memperbaiki kualitas lingkungan. Latar belakang beliau sebagai dosen yang concern dalam bidang kesehatan lingkungan membuat beliau mengetahui betul banyak sekali teknologi tepat guna yang bila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat mampu mengurangi polusi lingkungan. Hanya saja masyarakat selama ini belum mengetahui dan memang belum ada arahan resmi dari pemerintah.

Salah satu yang mendasari perlu dibentuknya BKKLBM adalah kualitas lingkungan di Dusun Badegan mulai menurun. Pasca terjadinya gempa tahun 2006 silam, banyak sekali sampah yang bertumpuk di sudut-sudut desa, dan mengakibatkan Dusun Badegan menjadi wilayah endemic penyakit Demam Berdarah, bahkan pernah menjadi nomor satu penderita DB terbanyak se-wilayah kerja puskesmas Bantul Timur, pengelolaan sampah masih belum baik (banyak warga yang membakar sampah dan membuang sampah secara sembarangan), perilaku hidup bersih, dan sehat yang masih perlu ditingkatkan. Kondisi yang demikian membuat Bambang Suwerda bersama masyarakat RT 12 mendirikan Bengkel Kerja Kesehatan Lingkungan Berbasis Masyarakat (BKKLBM), pada akhirnya BKKLBM mulai melebarkan sayap dengan melibatkan seluruh masyarakat dusun Badegan, tidak hanya masyarakat RT 12.

Berdirinya BKKLBM pada mulanya masih fokus pada daur ulang sampah Styrofoam. Setelah berjalan maka secara berturut-turut manajemen BKKLBM mulai membentuk kelompok kerja daur ulang sampah plastik dan bank sampah. Ketiga kelompok kerja tersebut dibawah koordinator BKKLBM tersebut sampai sekarang berjalan dan saling mendukung satu sama lain.

Tujuan BKKLBM

a)     Mengenalkan dan mempromosikan teknologi tepat guna di bidang kesehatan lingkungan

b)     Menanamkan pentingnya kesehatan lingkungan kepada masyarakat

c)     Menanamkan cinta kepada ilmu kesehatan lingkungan bagi pelajar dan mahasiswa

d)     Mendorong peran serta masyarakat dalam meningkatkan kualitas di bidang kesehatan lingkungan

e)     Menyediakan tempat atau sarana belajar bagi mahasiswa, pelajar dan masyarakat di bidang kesehatan lingkungan

Visi dan Misi BKKLBM

a)     Visi BKKLBM

Terwujudnya bengkel kerja kesehatan lingkungan, sebagai tempat untuk mengenalkan, mendidik, mempromosikan dan melatih berbagai teknologi tepat guna di bidang kesehatan lingkungan kepada masyarakat, mahasiswa, dan pelajar.

b)     Misi BKKLBM

  1. Memvisualisasikan teknologi tepat guna bidang kesehatan lingkungan kepada masyarakat umum
  2. Meningkatkan jangkauan pelayanan di bidang kesehatan lingkungan kepada masyarakat
  3. Meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan di masyarakat melalui pengenalan pendidikan, promosi, pelatihan di bidang kesehatan lingkungan